Senin, 28 November 2011

Mengapa sebelum hujan badan kita gerah

Beberapa saat sebelum hujan biasanya kita merasa gerah. Sebenarnya bukan suhu udara menjadi lebih panas, tetapi kelembaban udara udara yang menurun. Kelembaban udara berasosiasi dengan banyaknya uap air di udara (uap bukan air). Pada kondisi dimana kita merasa gerah berarti uap air di sekitar kita berkurang. Ini terjadi karena adanya ekspansi adiabatis di mana uap air bergerak lebih cepat ke atmosfer.
Ekspansi adibatis merupakan fenomena fisis yang melukiskan pergerakan massa udara secara vertikal. Hal ini ini terjadi karena suhu massa udara di permukaan lebih panas dari lingkungannya. Karena lebih panas maka massa jenisnya menjadi lebih ringan sehingga akan bergerak naik.

Pada kondisi lainnya pada saat uap air mengembun menjadi titik-titik air dalam awan akan terjadi pelepasan panas laten. Lepasnya panas laten ke atmosfer akan menaikkan suhu udara.
Panas laten adalah panas yang dikandung uap air pada saat terjadinya penguapan di permukaan bumi. Nah lepasnya panas laten tersebut membuat suhu udara tidak berkurang walaupun sinar matahari sebagai sumber panas di bumi telah tertutup awan.

Selanjutnya jika proses fisis di dalam awan tidak "terganggu" makan akan turun hujan. Tetapi proses terjadinya hujan yang dimulai dari ekspansi adiabatis hanya terjadi dalam radius 5-10 km. Karna awan penyebabnya adalah awan jenis cumuliform yang tumbuh secara vertikal. Hujan yang turun dari awan jenis ini sifatnya deras, waktunya singkat dan area yang kurang luas, radius 5-10 km.

Nah, karena radiusnya hanya berkisar demikian, jika kita di depok merasa gerah, belum tentu orang di pasar minggu akan gerah juga. (Margonda - pasar minggu >> 15 km). Jika di Depok kemudian hujan, belum tentu pula di pasar minggu hujan.

8 komentar:

  1. terimakasih infonya..

    lalu, bagaimana bila fakta ini dipandang dalam kacamata IPA-Terpadu, tidak memisah-misahkan antara Fisika-Kimia-Biologi..??

    BalasHapus
  2. infonya sangat berguna sekali,,
    mantap gan,,

    BalasHapus
  3. Informasi terakhir baru saya dapat d artikel ini. Terima kasib

    BalasHapus
  4. yg saya tau itu krna udaranya
    ya sngt lembab..krna saking lembab keringat ditubuh kita ga bisa ilang..

    BalasHapus